Obat Penghilang Tato

PK OIL adalah obat penghilang tato paling ampuh, aman & tidak merusak kulit.

Click to edit table header
ASAL - USUL TATO
Tato berasal dari kata Tahitian / Tatu (bahasa inggris : tattoo), yang memilki arti : menandakan sesuatu.

Tato atau Rajah adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan tinta atau cairan ke dalam kulit. Dalam istilah teknis, tato adalah implantasi pigmen mikro. Tato dapat dibuat terhadap kulit manusia atau hewan. Tato pada manusia adalah suatu bentuk modifikasi tubuh, sementara tato pada hewan umumnya digunakan sebagai identifikasi.

Tato merupakan praktik yang ditemukan hampir di semua tempat dengan fungsi sesuai dengan adat istiadat setempat. Dahulu tato sering dipakai oleh kalangan atau suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaan wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseorang. Tato digunakan secara luas oleh orang-orang Polinesia, Filipina, Kalimantan, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Mesoamerika, Eropa, Jepang, Kamboja, serta Tiongkok. Walaupun pada beberapa kalangan rajah dianggap tabu, seni rajah tetap menjadi sesuatu yang populer di dunia.


*Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tato berarti gambar (lukisan) pada bagian (anggota) tubuh.


Keberadaan merajah tubuh di dalam kebudayaan dunia sudah sangat lama ada dan dapat dijumpai di seluruh sudut dunia. Menurut sejarah, ternyata seni tato sudah dilakukan sejak 3000 tahun SM (sebelum Masehi). Tato ditemukan untuk pertama kalinya pada sebuah mumi yang terdapat di Mesir. Dan konon hal itu dianggap yang menjadikan tato kemudian menyebar ke suku-suku di dunia, termasuk salah satunya suku Indian di Amerika Serikat dan Polinesia di Asia, lalu berkembang ke seluruh suku-suku dunia salah satunya suku Dayak di Kalimantan.

Tato dibuat sebagai suatu symbol atau penanda, dapat memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi si empunya dan simbol keberanian dari si pemilik tato. Sejak masa pertama tato dibuat juga memiliki tujuan demikian. Tato dipercaya sebagai simbol keberuntungan, status sosial, kecantikan, kedewasaan, dan harga diri.


Walaupun pada beberapa kalangan, tato dianggap sebagai sesuatu yang tabu, tapi seni tato tetap menjadi sesuatu yang populer di dunia.


Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.
Click to edit table header
ASAL DAN PENGEMBANGAN TATO
Banyak indikasi yang berbeda menunjukkan bahwa tato di antara berbagai bangsa di bumi telah dikembangkan secara independen dan terpisah.

Di Chile utara mumi tahun 7000 berusia ditemukan memiliki tato di tangan dan kaki.

Gletser mumi Ötzi adalah sekitar 5000 tahun yang lalu lebih dari satu karakter, yang telah diambil dengan jarum atau melalui sayatan kecil di kulit.

Tato sangat kompleks dan besar sudah diketahui dari Iron Age Scythian, yang orang berkuda dari stepa Rusia dan Kaukasus dan dari budaya Pazyryk di Altai.

Karenanya, dapat diasumsikan bahwa tato tesis berasal dari Asia Barat Daya dan telah menyebar dari sana melalui Mesir ke Polinesia dan Australia itu sampai ke Amerika, tidak dapat dipertahankan.

Dalam signifikansi ritual adalah di Mikronesia, Polinesia, umum di antara masyarakat adat dan juga di Jepang.

Selama awal 20 Century, tato terlihat hampir secara eksklusif di pelaut, tentara, anggota dunia bawah, atau tahanan, mereka trend fashion dari tahun 1980-an satu.

Terutama suku tato yang dialami pada 1990-an, masa kejayaan mereka. Pada akhir 1990-an ada kecenderungan untuk tua-sekolah desain. Ini adalah pelajaran yang sering berasal tato pelaut tua. Contoh tema adalah bintang, menelan, jangkar atau hati.

Saat ini, tato telah menjadi sosial dan diterima secara sosial, tidak sedikit oleh banyak bintang dan selebriti yang dengan bangga menampilkan tato mereka kepada publik.

Sumber : Zeitlos.de
Click to edit table header
MAKNA ATAU ARTI TATO DI BEBERAPA NEGARA
Jujur, saya salut loh sama orang yang punya tato. Tato permanen, bukan tato temporer loh, kan kayaknya kalo di tato itu sakit banget, meringis, tapi mereka tetep mau dan tahan lah. Mungkin, istilah no pain no gain disini diterapkan banget lah ya...

Tahukah Anda, sebenernya makna tato di beberapa negara itu tentunya berbeda-beda. Bukan hanya untuk kepuasan pemiliknya atau keindahan karya seni, tapi lebih dari itu loh...


YUNANI
Dulu Bangsa Yunani kuno, tato di anggap sebagai tanda pengenal badan intelijen mereka, alias mata-mata perang pada saat itu. Di sini tato menunjukan pangkat dari si mata-mata tersebut.

ROMAWI
Orang-orang disini memakai tato dengan alasan sebagai tanda bahwa seseorang itu berasal dari golongan budak, dan Tato juga dirajahi ke setiap tubuh para tahanannya. Berbanding terbalik ya dengan bebeapa negara lainnya.

New Zealand
Disini, ada salah satu suku yaitu Suku Maori. Kebanyakan dari mereka membuat Tato berbentuk ukiran-ukiran spiral pada wajah dan pantat. Menurut mereka, ini adalah tanda bagi keturunan yang baik.ckck...

Kepulauan Solomon
Nah, beda halnya lagi kalo tato di daerah ini. Tato ditorehkan di wajah perempuan sebagai ritus dimaksudkan untuk menandai tahapan baru dalam kehidupan mereka.

Sudan
Gak beda jauh dari Kepulauan Salomon,orang-orang Suku Nuer di Sudan memakai Tato untuk menandai ritus inisiasi pada anak laki-laki loh.

Indian
Disini,melukis tubuh dan mengukir kulit dimaksudkan untuk menambah kecantikan atau menunjukkan status sosial tertentu.

Cina
Tato alias Wen Shen atau Rajah mulai merambahi negara Cina sekitar tahun 2000 SM loh sob. Wen Shen konon artinya “akupunktur badan”. Sebenernya,bangsa Cina kuno memakai tato itu digunakan untuk menandakan bahwa seseorang pernah dipenjara. Sementara di Tiongkok,budaya tato terdapat pada beberapa etnis minoritasnya, yang telah diwarisi oleh nenek moyang mereka, seperti etnis Drung, Dai, dan Li, namun hanya para wanita yang berasal dari etnis Li dan Drung yang memilik kebiasaan mentato wajahnya.

Indonesia
Kalau di negeri kita tercinta ini, contonhnya Orang-orang Mentawai di kepulauan Mentawai, suku Dayak di Kalimantan, dan suku Sumba di NTB, sebenernya merka udah kenal sama si tato sejak jaman behelak. Bahkan bagi suku Dayak nih ya sob, seseorang yang berhasil “memenggal kepala” musuhnya, dia mendapat tato di tangannya. Kayak hadiah gitu lah. Gak jauh beda dengan suku Mentawai, tato-nya Tidak dibuat sembarangan. Sebelum pembuatan tato dilaksanakan, ada Panen Enegaf alias upacara inisiasi yang dilakukan di Puturkaf Uma (galeri rumah tradisional suku Mentawai). Upacara ini dipimpin oleh Sikerei (dukun). Setelah upacara ini selesai, barulah proses Tato-nya dilaksanakan. (Lumayan ribet ya, tapi yah itulah adat).

Nah, itu hanya beberapa makna tato di berbagai negara, tapi seiring dengan perkembangan zaman yang telah modern ini, tato seperti menjadi tren tersendiri loh. Bahkan, gak sedikit orang yang merelakan tubuhnya untuk mentato tokoh idolanya. ckckkck.. SALUT !
Click to edit table header
TIPS - TIPS AMAN MEMBUAT TATO

1. TEMPAT ( studio tato )
Pastikan anda mendapatkan referensi yang cukup baik mengenai tempat dimana Anda akan membuat tato dan alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan teman-teman yg lebih berpengalaman tentang seputar tato.

2. KEBERSIHAN
Pastikan alat yang digunakan steril, baik jarum, tube, alat yg terbuat dari plastik atau pun yang terbuat dari stenlis.

3. SEHAT
Minimal 2 hari sebelum Anda mebuat tato, kondisi tubuh sedang dalam stamina yang sangat baik (top form). Cos hal ini sangatlah penting karena jika kondisi tubuh dalam keadaan kurang sehat maka dapat mengalami berbagai kendala dalam proses pembuatan / setelah di tato.

4. MEMILIH DESAIN TATO
Pilih desain tato yang benar-benar Anda sukai, karena selain terasa sakit saat di tato. baik membuat atau menghilangkan tato biayanya juga sangat mahal. jangan sampai Anda menyesal setelah di tato.

6. BUDAYAKAN TATO TANPA HIV AIDS.

*Sumber : kamissore

Click to edit table header
7 SIMBOL TATO YANG DIPERCAYA MEMBAWA KEBERUNTUNGAN

Tato selama ini dikenal sebagai seni rajah tubuh yang bisa juga dijadikan hobi bagi sebagian orang. Terkadang, orang memilih simbol yang personal dan mencerminkan kepribadian mereka untuk dilukis di tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa simbol tertentu yang dirajah pada tubuh lewat tato dipercaya bisa membawa keberuntungan?

Berikut adalah beberapa simbol tato yang dipercaya melambangkan keberuntungan, seperti dilansir oleh Times of India (26/01).

1. SIMBOL DADU

Dadu mungkin identik dengan perjudian dan permainan probabilitas. Namun, dadu juga mencerminkan keberuntungan dalam menghadapi masa depan yang masih belum pasti dan penuh risiko. Sebuah simbol dadu dengan angka tujuh dipercaya melambangkan keberuntungan yang melimpah. Begitu juga dengan gambar dua buah dadu 'mata ular' atau dua dadu yang masing-masing menunjukkan angka satu.

2, SIMBOL TAPAL KUDA

Tapal kuda telah lama dianggap sebagai jimat keberuntungan. Bangsa Romawi kuno meyakini bahwa tapal kuda yang berbentuk 'U' bisa mengusir kejahatan. Bentuk tapal kuda sendiri disamakan dengan bulan sabit yang menandakan kesuburan. Melukis tato bergambar tapal kuda dianggap bisa menangkal nasib buruk dan mengundang keberuntungan.

Jika Anda adalah penggemar tato, tak ada salahnya mencoba membuat tato dengan simbol-simbol unik pembawa keberuntungan tersebut. Masalah percaya atau tidak bahwa simbol tersebut bisa membawa keberuntungan, sepenuhnya kembali pada diri Anda.

3, SIMBOL BINTANG LAUT

Bintang laut yang menunjukkan lima sudut simetri diketahui membawa keberuntungan, terutama jika masing-masing sudut diwarnai berbeda. Kepercayaan ini berasal dari para pelaut yang menggunakan bintang utara sebagai pemandu mereka ketika tersesat di tengah laut. Tato bintang dianggap membawa keberuntungan dan bisa membawa mereka kembali pulang dengan selamat.

4, SIMBOL KUCING DENGAN HALO

Kucing dikenal sebagai hewan misterius yang memiliki sembilan nyawa. Dengan daya simbol halo, yaitu lingkaran kuning bersinar, di atas kepalanya, gambar kucing ini dianggap membawa keberuntungan.

5, SIMBOL GECKO (CICAK)

Gecko atau cecak diketahui melambangkan jiwa manusia yang sedang mencari cahaya. Selain itu, hewan reptil ini juga dianggap sebagai simbol keberuntungan.

6, BURUNG LAYANG - LAYANG

Tato burung layang-layang biasa ditemukan pada bagian tangan, dada, atau leher para pelaut. Gambar burung layang-layang dianggap membawa keberuntungan karena terdapat legenda yang mengatakan bahwa jika ada pelaut yang mati tenggelam, burung layang-layang akan membawa jiwa mereka ke surga. Burung layang-layang mewakili kebebasan dan harapan. Tak hanya itu, gambar hewan ini juga menunjukkan cinta, kasih sayang, serta kesetiaan pada keluarga dan teman-teman.

7, LUCKY NUMBER SE7EN

Dalam sejarah, angka tujuh selalu dikaitkan dengan keberuntungan. Jadi tak heran jika gabungan angka 777 dianggap akan membawa keberuntungan yang melimpah.

Click to edit table header
TEKNIK - TEKNIK MENGHILANGKAN TATO
Jika ingin memiliki sebuah tato, maka pikirkanlah dengan matang bahwa Anda memang benar-benar ingin memilikinya.

Menurut survei yang terdapat dalam Journal of the American Academy of Dermatology terdapat 24% orang berusia 18 sampai 50 tahun yang memiliki tato dan 17% diantaranya ingin menghilangkan tato tersebut dari tubuhnya.
Tato bersifat permanen yang melekat di tubuh, keberhasilan untuk menghapus tato tergantung dari warna kulit, zat yang digunakan untuk membuat tato dan ukurannya.

Berikut adalah teknik-teknik yang bisa digunakan untuk menghilangkan tato, seperti dikutip dari Health, Rabu (25/11/2009):
1. TEKNIK PEMBEDAHAN.
Jika melakukan pembedahan umumnya meninggalkan bekas luka. Kulit sekitar tato akan dihilangkan dan kulit sekitarnya akan dijahit kembali, sehingga menimbulkan luka jahitan di tubuh.

2. TEKNIK DERMABRASI ATAU MENGAMPLAS LAPISAN KULIT.
Salah satu bagian dari dermabrasi adalah salabrasi, yaitu dengan menggosokkan larutan garam di kulit dengan sedikit pemanasan. (cara ini bisa menghilangkan tato tapi bekas lukanya cenderung tertinggal dikulit).
3. TEKNIK SCARIFICATION.
Teknik ini menggunakan suatu bahan kimia untuk menghilangkan lapisan kulit bagian atas, biasanya larutan yang digunakan adalah larutan asam dan menimbulkan bekas.

4. TEKNIK CRYOSURGERY ATAU CRYOTHERAPY.
Prosedur ini dengan cara membakar kulit bertato dan mendinginkannya dengan nitrogen cair, cara ini umumnya digunakan untuk menghilangkan kutil atau luka pada kulit tubuh.

5. TEKNIK LASER.
Teknik ini paling sering digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Menggunakan kontras sinar cahaya antara warna kulit dan tinta, secara terus menerus sinar tersebut akan memecah partikel tinta dan partikel yang kecil akan terserap ke tubuh.

Catatan: cara diatas (1-5) cenderung meninggalkan bekas luka.
Click to edit table header
MENGAPA TATO PERMANEN TIDAK MUDAH DIHILANGKAN ?
Tato permanen begitu sulit dihilangkan dari kulit. Salah satunya karena pembuatan tato harus menyuntikkan tinta ke dalam lapisan kulit dalam yang disebut dermis, yaitu lapisan kulit bawah setelah epidermis.
Bila masih di lapisan epidermis tato bisa saja dihilangkan, tapi pembuatan tato adalah menyuntikkan tinta ke dalam lapisan kulit yang paling dalam.
Jika dilihat dari lapisannya, lapisan atas kulit disebut dengan epidermis. Pada lapisan ini terdiri dari lima lapisan, yaitu stratum basale, stratum spinosum, stratum granulosum, stratum lucidum dan stratum corneum.
Dua lapisan atas, yaitu stratum lucidum dan stratum corneum, merupakan sel kulit datar dan kering, tahan air dan berfungsi melindungi kulit. Sel-sel kulit akan berganti dan mengelupas dimulai pada stratum basale hingga permukaan kulit dalam satu bulan.
Nah, karena bertujuan membuat gambar atau tulisan yang awet, akhirnya gambar tato harus disuntikkan lebih dalam yang menembus lapisan epidermis.
Tak selesai hanya disitu, ada efek lain jika lapisan kulit dalam 'dikoyak-koyak'.
Penyuntikkan tinta tato di dalam lapisan kulit ini akan memicu reaksi sistem kekebalan (imun) tubuh, yang ironisnya akan membuat tato tertahan di kulit lebih lama.
Sel-sel pada kulit yang menyerang benda asing disebut fagosit atau phagocytes (sel pemakan). Sel pemakan ini akan menelan dan mengonsumsi partikel tinta.
Kemudian, fibroblas (sel-sel yang memproduksi kolagen) akan mengunci fagosit bersama jaringan di bawah kulit, tepat di bawah epidermis yang memenuhi dermis, sekitar 1 milimeter dari permukaan kulit.
Hal ini memungkinkan tinta tinggal di lapisan kulit tersebut selama bertahun-tahun.
Ada beberapa alasan lagi yang membuat tato sulit dihilangkan yaitu warna tato yang digunakan dan warna kulit orang yang ditato.
Warna tato tertentu seperti hitam, hijau dan cokelat akan lebih mudah dihilangkan ketimbang merah, oranye dan putih. Dan tato satu warna seperti hitam atau biru jauh lebih mudah untuk dihilangkan.
Untuk warna kulit, orang dengan kulit warna gelap agak lebih lama untuk menghilangkan tato ketimbang orang dengan warna kulit lebih terang.
Click to edit table header
INILAH SENIMAN TATO TERMUDA DI DUNIA
Inilah bocah cilik seniman tatto termuda di dunia memang kebanyakan gadis tiga tahun baru saja merasakan nikmatnya berjalan, tetapi Ruby Dickinson adalah mempunyai keahlian artistik nya lebih dalam.Pengunjung infoxspot, Ia ditakdirkan menjadi Pembuat Tato termuda di dunia setelah belajar dari ayahnya, Blane, yang menjalankan sebuah salon tato di Wales. Mr Dickinson, 36, mengimpor tinta tatoo dari AS yang telah dirancang khusus untuk digunakan oleh tangan anak kecil. Ruby akan mendapatkan peralatan tato mini untuk ulang tahun keempatnya pada bulan Oktober.

Mr Dickinson kepada North Wales Pioneer: "Ruby sangat sadar dia semakin besar, dia tidak bisa menunggu. Dia ingin menjadi seorang seniman tato saat ia besar nanti. "Tujuannya adalah untuk mendapatkan tato di kaki saya dengan pesan untuk ulang tahun 40 ulang tahun saya." Ia mengambil pelajaran setelah pembibitan serta berlatih dengan alat mainan di toko ayahnya.

Mr Dickinson berharap mengalahkan rekor Emilie Darrigade, orang Kanada, yang mentato bagian dari lengan ayahnya sebuah kupu-kupu saat ia berusia lima tahun. Menurut ayahnya, Ruby hampir bisa membuat desain favorit ayahnya, yaitu laba-laba. "Aku tidak habis pikir bahwa dia akan menggunakan Van Gogh, padahal dia hanya 3 tahun," Mr Dickinson kepada The Sun.

"Tapi aku punya 70 persen dari tubuh saya sudah penuh tato dan hanya akan menjadi ukuran sepotong 2p, jadi aku tidak terlalu khawatir dia akan membuat tato itu." Mr Dickinson, yang menjalankan Inkaholics Anonymous di rumahnya di Penmaenmawr, Conwy, menambahkan: "Ini akan menjadi saat yang membanggakan dan sangat istimewa bagi saya dan untuk anaknya.

"Dia benar-benar menyukainya dan saya senang saya dapat mengajarkan keterampilan ini." Namun, meskipun berharap Ruby akan mengambil seniman tato sebagai karier, ayahnya membiarkan anaknya membuat pilihan sendiri.

Sumber : didunia
Click to edit table header
APAKAH TATO BERBAHAYA ?

Satu di antara 5 orang Jerman di bawah usia 35 tahun memiliki tato. Tapi para penyandang tato tidak tahu apakah tintanya beracun?


Dulu di Jerman, tato hanya ditemukan pada orang-orang yang ingin tampak galak, atau mungkin tampak gagah. Kaum pelaut, tentara, penggemar moge atau motor gede dan ya, juga kaum preman.

Tapi kini, tato semakin populer di antara muda-mudi Jerman dan bahkan dianggap sebagai karya seni milik pribadi.

Di Karlsruhe ada salon tato yang namanya lumayan sangar "Hell Yeah". Viktor adalah pemiliknya. Ia juga artis tato dan tengah mewarnai gambar anjing pit bull di lengan seorang pelanggan. Viktor menjelaskan apa itu tinta yang bagus untuk mewarnai tato.

Dijelaskannya, "Pigmen warnanya harus halus sekali supaya bisa digoreskan masuk ke kulit dengan baik. dan banyak warna yang ketahuan bagus-jeleknya, kalau luka bekas goresannya sudah sembuh dan tatonya kering…"

Mesin listrik yang digunakan Viktor bunyinya seperti mesin bor di dokter gigi. Tapi mesin tato ini lebih seperti jarum suntik. Jarumnya digerakkan naik dan turun sesuai gambar dan menggores sekitar 1 militer ke dalam kulit. Lalu dari tabung kecil mengalir tinta yang keluar pada ujung jarum untuk mewarnai lapisan kulit di bawahnya. Lapisan kulit ini tak banyak berubah dan tato anjing pitbul itu tidak akan hilang seumur hidup.

Viktor gembira mengerjakannya, "Ini sesuatu yang istimewa… untuk selamanya, karena sebuah tato akan tergores di kulit untuk seumur hidup. Kan heboh sekali."

Masalahnya, banyak pelanggan tato yang tidak tahu bahwa mungkin ada bahan kimia beracun dalam tinta itu. Racun yang bahkan bisa menyebabkan penyakit kanker.

Eva Maria Katz, Direktur laboratorium untuk pemeriksaan bahan kimia di Karlsruhe bercerita, "Kami menganalisa banyak sekali kosmetika di sini, termasuk tinta untuk tato. Tahun 2010, kami mengetes sekitar 38 sampel tinta tato yang kami kumpulkan dari salon tato dan dari festival- festival tato. Kami fokuskan pada tinta berwarna merah, kuning dan oranye."

Hasil penelitiannya mengerikan. Sepertiga dari tinta yang dites mengandung bahan yang terlarang. Meski hampir separuhnya pewarna lainnya mengandung bahan yang tidak terlarang, tapi seharusnya bahan itu tidak dipakai untuk manusia.

Katz melanjutnya penjelasannya, "Ada bahan kimia yang tidak terlarang, tapi seharusnya tidak digunakan untuk manusia. Biasanya ini produk seperti cat tembok atau cat mobil. Dan masalahnya, kita tidak tahu apa dampak bahan-bahan itu apabila disuntikkan ke dalam kulit manusia."

Jerman adalah salah satu negara yang meregulasi tinta untuk tato. Tapi menurut Katz, itu tak cukup. Ungkapnya, "Masih banyak yang belum diregulasi. Kami belum punya daftar positif dengan nama bahan kimia yang sudah dites dan terbukti aman. Parlemen punya daftar negatif, dengan bahan apa-apa saja yang terlarang. Masalahnya, orang-orang jadinya bisa menggunakan apa saja, selama tidak mengetahui dampaknya."

Di salon tato, ratusan botol berisi tinta warna-warni berderet di rak dekat tembok. Pada setiap botol tertera nama produsen, tanggal kadaluwarsa dan daftar campuran bahan kimianya, memenuhi peraturan tato di Jerman.

Bagi Viktor, hal ini penting untuk menjaga reputasinya. Diterangkannya, "Tentu saja ini mahal. Aku bisa beli cat pewarna yang murah. Tapi harga bukan masalah dan saya ingin bekerja secara profesional."

Para pelanggannya meyakini ketelitian Viktor. Seorang lelaki mengatakan, "Ah saya sih, percaya sama viktor . Dia tahu kwalitas tinta yang dia gunakan. Jadi saya tidak usih pusing soal itu". Pelanggan perempuan yang menunggu gilirannya, turut menimpali. "Tidak, saya belum pernah memikirkan itu. Saya hanya mau ditato sama orang yang punya nama baik, dan berasumsi mereka tidak menggunakan tinta tato yang beracun."

Masalahnya, begitu banyak jenis bahan kimia yang bisa dipakai oleh produsen, sehingga meski teliti, arti tato seperti Viktor kesulitan untuk memastikan bahwa tak ada campuran berbahaya dalam tinta tato itu.


Kate Hairsinne / Edith Koesoemawiria
Editor : Hendra Pasuhuk

Click to edit table header
MATERI BERBAHAYA PADA PEWARNA (tinta) TATO

Di Jerman tren tato makin digemari. Tapi materi pewarna apa yang masuk ke dalam tubuh saat memasang tato?

Tato saat ini bukan hal yang langka. Di Jerman diperkirakan 10 sampai 20 persen warga memiliki tato di tubuhnya. Terutama di kalangan kawula muda tren ini makin digemari. Beberapa puluh tahun lalu tato hanya dimiliki oleh tahanan di penjara dan pelaut. Kini mode memasang tato menjadi tren di berbagai lapisan masyarakat.

Tapi hanya sedikit yang memikirkan apa materi warna yang disuntikkan di bawah kulit. Pigmen pewarna ditusukkan dengan jarum di jaringan kulit yang hidup. Oleh karena itu para pakar sudah lama memperingatkan dampak tato bagi kesehatan.

Dari negara bagian Jerman Baden-Württemberg diusulkan untuk memperketat peraturan tato, mula-mula di Jerman untuk kemudian di tingkat Uni Eropa. Birgit Bienzle mengolah rencana ini bagi kementerian pelindung konsumen di Baden-Württemberg. Ia menekankan bahwa produk kosmetik saat ini secara hukum mendapat pengawasan lebih baik dibanding materi pewarna tato.

Meskipun make-up hanya dipakai sementara di kulit, sedangkan pewarna tato melekat seumur hidup di kulit. Karena itu harus segera ditetapkan peraturan yang sesuai.


Peraturan untuk Produk Tato


Sejak tahun 2009 Jerman memberlakukan peraturan produk tato nasional. Tapi menurut Birgit Bienzle peraturan ini berdasarkan data lama Dewan Eropa. Sementara ini ada usulan baru dari Eropa, tapi bagi kementerian pelindung konsumen usulan itu kurang memadai: „Usulan dari Dewan Eropa tidak cukup, karena usulan itu hanya diterapkan di segelintir negara anggota Uni Eropa."

Oleh karena itu wakil kepala bagian pengawasan bahan makanan di Baden-Württemberg itu meminta agar dikenakan kewajiban terhadap produsen zat pewarna tato.

Produsen Harus Menjamin Kualitas


Dalam waktu dekat akan ditingkatkan peraturan materi pewarna tato nasional.Produsen harus memberikan bukti tertulis bahwa materi pewarna tato-nya tidak menimbulkan risiko kesehatan. Selain itu Badan untuk penilaian risiko Jerman, saat ini tengah mengkaji keterangan sebelumnya tentang materi pewarna tato. Juga dibicarakan tentang sebuah daftar positif yang mencakup semua materi pewarna tato yang tidak membahayakan. Meski demikian para pakar menilai bahwa pembuatan daftar semacam itu membutuhkan waktu bertahun-tahun. Banyak penelitian untuk tema tersebut masih berada di tahap dini.


Cat Mobil untuk Pewarna Tato


Badan pemeriksa di Freiburg dan Karlsruhe awal tahun 2010 sudah memberi tanda bahaya. Dari 38 pewarna tato yang diteliti, sepertiganya mengandung substansi yang dilarang. 50 persennya bahkan dikategorikan berbahaya bagi kesehatan, antara lain Amine, Nitrosamine dan Phenol yang sebagian dikategorikan dapat memicu kanker.

Selain itu untuk pewarna tato digunakan materi pewarna yang dikembangkan untuk bidang lainnya. Birgit Bienzel menyebutkan contoh Ferrari merah. "Dari namanya saja sudah diketahui untuk apa warna tersebut sebetulnya dikembangkan, yakni untuk cat mobil." Tapi pigmen warna ini ditemukan dalam pewarna tato.

Studi Kesehatan Materi Pewarna Tato


Studi kesehatan juga membuktikan bahwa bagian dari pewarna tato dapat mengendap pada jaringan limfa.

"Sistem limfa adalah sistem yang sangat penting dalam tubuh manusia, juga untuk menurunkan racun dalam tubuh. Jika dibuktikan adanya materi pewarna tato di limfa maka disimpulkan bahwa ini berbahaya." Juga dalam menghapus tato dengan laser timbul masalah. Apa yang sesungguhnya terjadi dengan pigmen warna yang dihancurkan di dalam kulit dengan sinar laser, sejauh ini masih tidak ada yang dapat mengatakannya. Namun bukti konkrit munculnya kanker akibat pewarna tato sejauh ini belum ada. Ujar Bienzle.

Kini para pakar mempertanyakan bagaimana dapat mengeluarkan peraturan yang mengikat bagi produsen untuk produk-produk semacam itu. Sejarah tato menyulitkan penerapannya. Karena pemasang tato sejak lama adalah segmen pasar sampingan yang secara luas tidak dicermati. Juga pewarna tato bukan berasal dari perusahaan spesialis melainkan dari berbagai pemasok.


Klaus Jansen/Dyan Kostermans

Editor: Agus Setiawan

Click to edit table header
4 MITOS LASER PENGHAPUS TATO

Teknologi laser menjawab kegundahan orang yang ingin melenyapkan tato permanennya. Tapi ada pemahaman yang kurang tepat mengenai terapi laser ini. Di bawah ini adalah beberapa mitos dan fakta sebenarnya.

Mitos 1: Satu jenis laser bisa menghilangkan semua jenis tato.

Faktanya, paling tidak ada lima jenis laser dengan panjang gelombang yang berbeda untuk menghilangkan berbagai warna tinta tato dengan aman dan tuntas. Biasanya, sekali penghapusan, dibutuhkan paling tidak dua atau lebih jenis sinar laser. Jangan percaya kalau ada klinik yang mengaku punya satu jenis laser yang bisa menghilangkan semua jenis warna tato.


Mitos 2: Proses menghilangkan tato lebih menyakitkan ketimbang membuat tato.

Untuk tato ukuran kecil (misalnya tato alis), di bagian tato disuntikkan bius lokal dulu. Untuk ukuran yang lebih besar, dengan cara mengaplikasikan krim pemati rasa di bagian tato sebelum dilaser. Pada saat ditembak laser, bagian kulit juga didinginkan dengan pendingin. Sensasi sakitnya juga berbeda, antara luka tusukan jarum yang berulang dengan luka karena panas. Walaupun ada rasa sakit yang ditekan dengan bius dan pendingin, rasa sakit ketika menghilangkan tato tidak lebih menyakitkan daripada membuat tato.


Mitos 3: Menghilangkan tato menyebabkan luka parut.

Luka parut menjadi ketakutan utama karena dibawa seumur hidup. Tapi sama seperti prosedur medis yang lain, selain ada risiko, ada juga faedahnya. Risiko terjadinya jejak luka pada tato yang dilaser sekitar 5%, yang bergantung pula pada perawatan pascatindakan laser. Selain itu, bagi orang dengan “bakat” keloid yang tinggi, persentasenya bisa lebih besar.


Mitos 4: Krim bisa menghilangkan tato.

Saat ini banyak diiklankan krim yang mampu menghapus tato permanen. Faktanya, aplikasi krim yang hanya di permukaan kulit tidak akan menghapus tinta tato secara total, karena posisi tinta tato yang ada di bawah lapisan kulit.


Sumber : intisari-online

Click to edit table header
TATO TERBURUK PESEPAKBOLA DUNIA

Di era moderen, memiliki tato sudah menjadi hal lumrah. Hal itu juga berlaku bagi pesepakbola. Berikut adalah tato terburuk yang dimiliki pesepakbola dunia.

Para pesepakbola umumnya mulai menghiasi tubuh mereka dengan tato saat berusia 20 tahun. Ada yang sengaja membuat tato di bagian lengan, sehingga bisa dilihat oleh khalayak. Namun, banyak pula yang menaruhnya di bagian punggung dan dada, sehingga hanya beberapa kalangan yang mengetahuinya.

Ada berbagai alasan para pesepakbola menghiasi tubuh mereka dengan tato. Ada yang hanya sekadar life style. Tetapi, ada pula yang sampai addict dengan menggambar seluruh tubuhnya dengan tato, seperti yang dilakukan bek Liverpool, Martin Skrtel.

Berharap terlihat keren dengan tato di tubuhnya, khalayak justru menganggap tato di beberapa sepakbola aneh. Berikut ini merupakan gambar- tato paling buruk yang berada di tubuh pesepakbola.

1. Christian Vieri

Jika melihat tato yang berada di lengan kanan mantan pemain timnas Italia, Christian Vieri pasti Anda akan kebingungan. Di lengan kanannya, terdapat gambar anak panah dan beberapa huruf jepang tanpa arti.

Mungkin Vieri ingin menampilkan kesan tato bergaya abstrak tapi malah tampak seperti coretan asal-asalan. Gambar itu pun terlihat sangat membosankan.

2. Noel Hunt

Tato yang terdapat di punggung pemain Leeds United itu terlihat mengherankan. Gambar itu seperti seorang pemabuk yang sedang pingsan dan ditarik oleh teman-temannya. Hunt memberi nama tato itu. Drunken Jesus.

3. Djibril Cisse

Hampir seluruh badan pemain berkebangsaan Prancis, Cisse dipenuhi tato. Namun, motif tutul-tutul yang menghiasi badannya itu malah membuat Cisse seperti siluman. Ya, dia seperti macan tutul yang lepas dari kandangnya di kebun binatang.

4. Daniele De Rossi

Pemain timnas Italia dan AS Roma ini mempunyai tato yang aneh di kakinya. De Rossi mempunyai tato dilarang menekel di kaki kirinya.

5. Wesley Sneijder

Salah satu tato yang berada di tubuh Sneijder merupakan gambar yang membuat orang rancu ketika melihatnya. Berniat mengabadikan orang yang dekat dengan dirinya, tato yang berada di rusuk kanannya malah terlihat seperti wajah Michael Jackson.

6. Andre Santos

Tato yang berada di kaki kiri Andre Santos sangat aneh. Tato itu berbentuk tulisan: No one can take away your pain so don't let anyone take your happiness. Artinya: tidak ada yang bisa mengambil rasa sakit Anda, jadi jangan biarkan orang lain mengambil kebahagiaan Anda.

Biasanya, tulisan tersebut sering diucapkan oleh ABG labil di situs jejaring sosial. Tato itu menjadi tambah buruk dengan jenis font yang berbeda-beda.


Sumber : Inilah.com

Click to edit table header
HADITS TENTANG GAMBAR ATAU TATO

أَنْ لاَ تَدَعْ تِمْثَالاً إِلاَّ طَمَسْتَهُ وَلاَ قَبْرًا مُشْرَفًا إِلاَّ سَوَّيْتَهُ

“...Jangan kamu membiarkan ada gambar kecuali kamu hapus dan tidak pulan kubur yang ditinggikan kecuali engkau meratakannya...”

(HR. Muslim no. 969)